Senin, 08 Maret 2010

Pesta Duren

Ribuan Warga Pesta Durian

Ribu Durian Disantap Gratis


PANGKALANBARU- Warga Desa Air Mesu Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kemarin, Minggu (24/01) menggelar sedekah durian. Ribuan warga tumplek-blek menghadiri acara yang dihelat di Pasar Kaget Air Mesu tersebut.
Acara yang digelar mulai sekitar pukul 15.00 WIB itu dihadiri Bupati Bateng Drs H Abu Hanifah dan sejumlah pejabat Bateng. Bahkan Walikota Pangkalpinang Drs H Zulkarnaen Karim MM juga ikut hadir terjebak kemacetan sehingga tidak bisa tiba di arena ‘sedekah duren’.
Kepala Desa Air Mesu, Sudarto, ketika dihubungi Koran ini mengatakan, sekitar 12 ribu buah durian disusun sedemikian rupa sepanjang sekitar 400 meter di empat jalur yang ada.


Para warga yang datang bisa merasakan langsung nikmatnya durian Air Mesu. Tidak hanya menikmati buah durian di tempat, ribuan warga yang hadir juga membawa pulang buah durian yang memang sudah disediakan panitia.
Kades memprediksi, sekitar tujuh ribu warga hadir pada acara sedekah duren tersebut. Bahkan setelah usai acara sekitar pukul 16.00 WIB masih banyak warga yang berdatangan.
Menurut kades, sedekah durian merupakan wujud rasa syukur warga masyarakat Desa Air Mesu karena tahun ini buah durian melimpah. Karena buah durian melimpah maka BPD, LMP dan aparat desa dan masyarakat punya ide untuk melakukan sedekah durian.



Dalam kesempatan itu, Bupati Bateng, Drs H Abu Hanifah menyambut gembira apa yang dilakukan masyarakat. Bupati berharap kedepannya acara sedekah bersama terus dilakukan.
Bupati juga menghimbau agar warga memanfaatkan lahan yang ada dengan memperbanyak tanaman durian, sehingga hasilnya pun diharapkan akan lebih banyak lagi.



Sementara itu Kades menyatakan, belasan ribu buah durian tersebut ada yang swadaya masyarakat. Tapi ada juga yang beli dari warga, hanya saja harga murah. “Jika harga jualnya Rp 3000 per butir, maka dijual ke panitia Rp 1500 per butir. Sebab, panitia juga tidak mau merugikan masyarakat,” tukasnya. “Ke depannya sedekah duren tetap akan dilakukan kalau panen durennya seperti ini atau bahkan lebih banyak lagi.’’ Untuk mengumpulkan dan menyusun belasan ribu buah duren tersebut panitia membutuhkan waktu satu setengah hari. Namun, tak urung hingga tadi malam panitia masih membersihkan sampah bekas sedekah duren tersebut.(anto/babel pos)

Tidak ada komentar: