Rabu, 06 Mei 2009

Gunung Menumbing
Muntok, Bangka Barat, Bangka, Babel

Gunung Menumbing (445 m) atau lebih tepat di sebuah bukit, bergerak 12 km dari Kota Muntok dan dapat ditempuh selama 30 menit dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Di puncak bukit ini berdiri komplek villa atau pasanggrahan yang di buat oleh Belanda untuk peristirahatan pegawai perusahaan Timah bank Tnwinning bedriff pada tahun 1927 silam.

Pasanggrahan Menumbing dijadikan pula tempat pengasingan para pemimpin RI. Menurut keterangan orang-orang pelaku sejarah Muntok, yang paling banyak menghabiskan waktunnya disini selama pengasingan adalah Bung Hatta. Dan gedung ini dimana para pemimpin RI ini menginap dikelilingi kerangkeng besi di jaga ketat oleh penjajah Belanda waktu itu, terutama kamar Bung Karno dan Bung Hatta.

Hingga ini pasanggarahan ini masih berfungsi sebagai hotel wisata. Bangunan berarsitektur megah ini masih megah berdiri kokoh sebagai simbol perjuangan dan budaya. Ruang kamar bekas para peimpin itu masih dapat dilihat dan dipelihara dan dijadikan tempat penyimpanan barang-barang peninggalan Beliau yang masih bisa diselamatkan. Benda-benda bersejarah yang masih dilihat seperti : Mobil BN. 10 yang sering dipergunakan oleh Bung Karno dan Meja tulis dari Batu Pualam serta catatan sejarah lainnya. (dari berbagai sumber)

5 komentar:

niceklix mengatakan...

wuih.. asyiknya... pengen euy liat pemandangan-pemandangan yang luar biasa secara langsung

Unknown mengatakan...

niceklix : silakan bro,,, dijamin nggak nyesel deh kalo berkunjung ke pulau ketawai :D ,,,,
indonesia memang negara kepulauan terbaik di dunia :D

Vero mengatakan...

saya sudah pernah kesana pertengan tahun 2009 kmren,tpi ternyata keadaan ny sngat mprihatinkan.gedung2 tdak terawat dg baik..jika dapat di kelola dg lbih baik lg psti akan mjd objek wisata yg sngt menarik krn berhubungan dg hal sejarah..

Nayla alkaff mengatakan...

woww menumbing it's very beautiful place.yahh tapi sayang kurang terawat oleh dinas pariwisata setempat.miris sih liatnya

Harry Hermanan mengatakan...

Wah, harus ke sini nih :D